26 JULY 2017
MNC Bank Targetkan Galang Dana Di Pasar Modal
  • Share :

 

JAKARTA— Seiring terus melejitnya pasar saham Indonesia, emiten perbankan PT Bank MNC Internasional Tbk. targetkan menggalang dana di tahun 2017 dari pasar modal melalui right issue senilai total Rp 500 miliar lebih untuk ekspansi.

 

Presiden Direktur MNC Bank Benny Purnomo mengatakan “penguatan modal terus dilakukan bagi emiten berkode saham BABP tersebut. Tahun ini, perseroan telah mendapatkan restu dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) tanggal 30 Mei 2017 untuk aksi korporasi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD)”.

 

"Tahun ini kami akan menambah modal melalui rights issue sebesar Rp500 miliar. Sesuai rencana dalam waktu 3 sampai 5 tahun kedepan modal MNC Bank akan memenuhi kriteria BUKU III” ujarnya saat peresmian kantor kas MNC Bank Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

 

Dia menjelaskan, sejak diakuisisi oleh MNC Group, MNC Bank terus dipupuk modal. Hingga tahun lalu, perseroan telah menggelar rights issue sebanyak tiga kali. Eksekusi rights issue hingga 2016 telah mencapai Rp1,345 triliun.

 

Rencananya, eksuisi penerbitan saham baru akan dilakukan pada kuartal III atau IV tahun ini senilai Rp500 miliar. Penambahan modal itu membuat struktur capital perseroan meningkat hingga Rp2 triliun dari saat ini Rp1,5 triliun.

 

Relokasi Kantor Cabang

 

Sementara itu, MNC Bank melanjutkan revitalisasi kantor-kantor cabang dengan merelokasi kantor kas MNC Bank Sawah Besar. Relokasi kesembilan ini menjadi bagian realisasi dari target 13 unit kantor cabang yang akan direlokasi hingga akhir 2017.

 

Pada tahun ini, MNC Bank membidik target penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan penyaluran kredit dapat tumbuh 12%-15% year-on-year. Perseroan juga akan meluncurkan aplikasi digital perbankan untuk segmen korporasi, menyusul kesuksesan aplikasi “punyakartu, punyacelengan dan punyarumah” yang dapat diunduh melalui Apple Store dan Google Play.

 

Capaian positif dibuktikan dengan perolehan data kredit hingga semester I/2017, sesuai dengan target bisnis MNC Bank dalam mengembangkan segmen retail dan consumer. Hingga Juni 2017, MNC Bank telah membukukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar Rp1,4 triliun atau tumbuh sebesar 27% dari akhir 2016.

 

Selain KPR, produk consumer yang juga dikembangkan MNC Bank adalah kartu kredit. Perseroan membidik target penambahan sebanyak 200.000 kartu kredit baru hingga akhir tahun ini. Tercatat hingga Juni 2017, penambahan kartu kredit sudah mencapai 125.000 kartu.

 

Hingga saat ini MNC Bank telah memiliki kantor cabang sebanyak 73 kantor dan 96 ATM yang tergabung dalam 49.000 jaringan ATM Bersama dan juga efektif bergabung dijaringan ATM Prima yang memiliki lebih dari 96.000 ATM berlogo PRIMA yang tersebar diseluruh Indonesia. Selain itu MNC Bank juga sudah meluncurkan mobile banking dan internet banking sehingga nasabah akan semakin mudah dalam melakukan transaksi.