19 AUGUST 2020
Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional MNC Bank Gelar Webinar Prospek Ekonomi
  • Share :

 

JAKARTA - Sebagai bentuk dukungan pada upaya Pemulihan Ekonomi Nasional yang digaungkan pemerintah serta membantu nasabah memanfaatkan berbagai potensi dan kesempatan ekonomi, MNC Bank menggelar webinar dengan tema Prospek Ekonomi Semester II 2020. Kegiatan yang digelar Selasa (18/8/2020) secara daring ini dimoderatori oleh Chief Network & Operation Officer MNC Bank Rasmoro Pramono Aji. Kegiatan diikuti peserta yang terdiri dari nasabah dan pemerhati perbankan.
Webinar dibuka dengan sambutan oleh Presiden Direktur MNC Bank Mahdan. Beliau mengingatkan bahwa meski keadaan saat ini terlihat sangat menantang, disitulah dapat terjadi lompatan inovasi serta potensi untuk dimanfaatkan. Informasi yang berkualitas untuk mengambil langkah-langkah yang terbaik, serta sinergi dengan mitra yang tepat dapat menjadi faktor yang signifikan untuk meraih sukses ditengah tantangan.
Selanjutnya pembahasan mengenai situasi ekonomi Indonesia terkini serta prospek ekonomi kedepannya dipaparkan oleh Ketua Umum Asosiasi Analis Efek Indonesia Dr (Cand.) Edwin Sebayang, SE, MBA, CSA, CIB. Paparan dilanjutkan dengan sharing pengalaman dan insights nasabah mampu mengubah tantangan pandemi menjadi peluang bisnis.
Edwin mengatakan bahwa peluang Indonesia mengalami resesi pada semester kedua 2020 ini cukup besar. Hal tersebut berkaca dari pengalaman krisis ekonomi 1998 dan 2008, rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartalan secara historis dari 2016 hingga 2019, serta tekanan akibat lemahnya ekonomi global.
Namun, Edwin juga memaparkan bahwa kata krisis dalam bahasa Mandarin berasal dari kata Wei Xian yang berarti bahaya, dan ji hui yang berarti kesempatan. Sehingga perlu diingat bahwa pada setiap krisis walaupun memiliki bahaya, namun juga mengandung kesempatan yang menuju harapan.
Dunia usaha (supply) dan daya beli (permintaan) yang melemah sejak awal pandemi, kini telah terlihat sinyal awal peningkatan aktivitas ekonomi setelah penerapan kenormalan baru. Akibatnya, kegiatan produksi dan daya beli diperkirakan akan kembali membaik seiring peningkatan mobilitas masyarakat sebagai sinyal peningkatan aktivitas ekonomi.
Rasmoro Pramono Aji yang akrab dipanggil Oney mengungkapkan, bahwa dengan menghadirkan nasabah-nasabah dari kalangan usaha, MNC Bank berharap para peserta dapat beradaptasi dan mampu meningkatkan kembali produktivitas ekonomi masyarakat. Dengan itu, pemulihan ekonomi nasional juga dapat berjalan lebih cepat.
“Masih banyak peluang untuk dimanfaatkan pada masa penuh tantangan ini. Bila nasabah dapat mengoptimalkannya bersama MNC Bank, niscaya akan menjadi katalisator dalam menggerakkan kembali sendi-sendi perekonomian bangsa. Saya yakin, bersama kita bisa membangun Indonesia maju.” Pungkas Oney.



Berita ini telah tayang pada sindonews.com