27 AUGUST 2020
MNC Bank Ajak Milenial Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional
  • Share :

 

JAKARTA - Perekonomian Indonesia mulai bergeliat setelah Indonesia memasuki fase tatanan baru “new normal”. Salah satu langkah pemerintah sebagaimana diutarakan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto adalah memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, tidak hanya pemerintah, tetapi krisis multi-dimensi ini menuntut partisipasi aktif dari berbagai pihak. Kontribusi dari sektor pendidikan dan perbankan sangatlah penting untuk menghasilkan talenta muda yang dapat menjadi wirausahawan muda sehingga turut membantu percepatan kebangkitan sektor UMKM. Oleh karena itu MNC College beserta MNC Bank menggelar kompetisi MNCC SUMMER VIRTUAL COMPETITION 2020 bertema “Creativity Reinvented”.
Kegiatan yang digelar Rabu (26/8/2020) secara daring ini disiarkan langsung oleh RCTI+ sebagai media partner. Kegiatan diikuti mahasiswa dan mahasiswi yang berkompetisi dalam tim untuk menghasilkan contoh business plan terbaik, disamping juga kompetisi untuk menghasilkan learning video terbaik. Kompetisi juga diperkaya oleh sesi edukasi dari MNC Bank untuk menambah wawasan dari sisi industri perbankan.
Sambutan kegiatan diberikan oleh Ibu Lu’lu’ul Jannah dari MNC College selaku penanggung jawab kompetisi. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa diharapkan menjadi pelopor generasi bangsa yang mampu mengatasi masalah ekonomi dan pendidikan, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian negara Indonesia secara kreatif.
Selanjutnya, Commercial Business Group Head MNC Bank Guritno berpartisipasi sebagai nara sumber dalam sesi edukasi dari MNC Bank bertajuk “Business Plan Yang Baik Dari Sisi Perbankan”. Beliau mengingatkan dalam salah satu paparannya mengenai perbedaan akan Business Plan yang Feasible dan yang Bankable.
“Karakter adalah salah satu hal utama untuk mengetahui integritas dan itikad baik dari calon debitur dalam menyelesaikan kewajibannya. Walaupun secara bisnis dan keuangan sangat feasible, namun jika tidak disertai dengan karakter yang baik maka akan berisiko bagi bank.”, ungkap Guritno.
Pada sesi final kompetisi, ditampilkan presentasi business plan dari satu tim terpilih yang dilanjutkan dengan presentasi learning video dari satu tim terpilih. Pemenang langsung diumumkan pada akhir kegiatan sebagai puncak acara.
Dihubungi terpisah, Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengungkapkan bahwa MNC Bank senantiasa mendukung terciptanya lapangan usaha baru dengan memberikan edukasi literasi yang mumpuni. Hal tersebut dilakukan karena sejalan dengan program literasi keuangan yang digaungkan Otoritas Jasa Keuangan dan sekaligus untuk menciptakan nasabah-nasabah potensial kedepannya.
“Kami berharap upaya dan sinergi yang dilakukan antara dunia pendidikan dan perbankan ini dapat menumbuhkan pengusaha dari generasi muda yang handal. Sehingga pondasi ekonomi lokal semakin kuat dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Mahdan.



Berita ini telah tayang pada okezone.com