Audit Internal



Perseroan memiliki Satuan Kerja Audit Internal yang telah mengikuti POJK No. 56/POJK.04/2015 tanggal 23 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Audit Internal adalah bagian dari pengendalian internal, yang secara garis besar bertujuan membantu manajemen merealisasikan objektif/sasarannya melalui pemeriksaan kecukupan dan pelaksanaan proses pengendalian internal, manajemen risiko dan tata kelola perusahaan.
Ruang lingkup audit meliputi seluruh aspek dan unsur kegiatan Bank yang langsung ataupun tidak langsung diperkirakan dapat mempengaruhi terselenggaranya kepentingan Bank dan masyarakat.
Dalam menjalankan fungsinya, Audit Internal memiliki Piagam Audit (Audit Internal Charter) yang disahkan oleh Direktur Utama dan Dewan Komisaris, hal ini selain diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui SPAI (Standar Profesional Audit Intern), juga sesuai dengan standar internasional yang bersumber pada The Professional Practice Framework dari Institute of Internal Auditors.


Riva Yan Abdillah
47 tahun
Warga Negara Indonesia
Internal Audit Group Head/Kepala Satuan Kerja Audit Intern (SKAI) sejak 2 Agustus 2017 berdasarkan SK Direksi No. SKEP-012/MTS-HRG/VIII/17 adalah Riva Yan Abdillah. Proses pengangkatan beliau sesuai Standar Profesional Audit Intern, yang merupakan bagian dari Peraturan OJK No 01/POJK.03/2019 tanggal efektif 29 Januari 2019 tentang Penerapan Fungsi Audit Pada Bank Umum, maka kepala Audit Internal/SKAI diangkat dan diberhentikan oleh Direksi Bank dengan persetujuan dari Dewan Komisaris, rekomendasi dari Komite Audit dan dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan.
Bergabung dengan Bank MNC Internasional sebagai Kepala SKAI sejak Agustus 2017. Beliau memiliki pengalaman kerja selama 20 tahun di bidang audit internal khususnya industri perbankan, seperti Bank Panin (1997-2003), Bank Mega (2003-2006), Bank Commonwealth (2006-2009) dan Bank ICBC Indonesia (2009-2017). Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (1996) dari STEKPI, dan sertifikasi profesi seperti Credit Skill Assessment Certification (CSAC), Certified Risk Management Professional (CRMP), dan Sertifikasi Manajemen Risiko level 4.
Beliau tidak memiliki hubungan Afiliasi dengan anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris, serta pemegang saham.