Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



MNC Bank menyadari bahwa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) merupakan hal penting dalam mendukung tumbuh kembangnya Bank. Keberhasilan Bank dalam menjalankan Rencana Bisnis Bank tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, melainkan juga oleh faktor eksternal, karena keberlangsungan bisnis Bank tidak terlepas dari partisipasi masyarakat dalam menyambut berbagai produk perbankan dan layanan yang ditawarkan oleh Bank.
Sebagai Bank yang telah tumbuh dan menghasilkan kinerja yang baik, MNC Bank berupaya untuk dapat memberikan kontribusi nyata secara langsung pada peningkatan kesejahteraan ekonomi, sosial dan lingkungan di masyarakat, dan khususnya masyarakat di wilayah operasional kami. Bank semakin meneguhkan komitmennya terhadap implementasi CSR, yang diyakini akan memberikan kontribusi dan nilai tambah positif bagi pertumbuhan Bank yang berkelanjutan serta menempatkannya dalam jajaran warga korporasi yang memiliki reputasi tanggung jawab sosial yang baik.
Dalam menjalankan kegiatannya, MNC Bank senantiasa bekerjasama dengan MNC Peduli. MNC Peduli melaksanakan kegiatan sosial berupa CSR dari sejumlah anak perusahaan maupun perusahaan terafiliasi MNC Group dengan semangat saling tolong menolong dan peduli kepada sesama demi Indonesia yang lebih baik dan sejahtera.


Bekerjasama dengan MNC Peduli, kegiatan CSR MNC Bank dilaksanakan sesuai dengan empat program kategori sebagai berikut:
  • CSR TERKAIT PELESTARIAN ALAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
MNC Bank senantiasa ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup. Hal ini diwujudkan dalam kebijakan dan program yang relevan. Meskipun kegiatan operasional MNC Bank tidak berdampak langsung terhadap lingkungan, Bank tetap berupaya mengelola dan meminimalkan risiko/dampak operasional terhadap lingkungan dengan berpartisipasi dalam upaya
pelestarian lingkungan hidup yang diimplementasikan di lingkungan internal Bank, misalnya dengan melakukan penghematan penggunaan kertas, penggunaan listrik maupun penggunaan bahan bakar. Kebijakan ini diterapkan mulai dari kantor pusat hingga kantor cabang. MNC Bank menyadari, kebijakan ini memberikan dampak positif tidak hanya terhadap lingkungan, tetapi juga terciptanya budaya efisiensi di MNC Bank.

  • CSR TERKAIT KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
Bagi MNC Bank, karyawan sebagai modal insani merupakan salah satu aset utama yang sangat penting dan harus dijaga dan diperlakukan dengan baik. Oleh karenanya, Bank telah menyusun kebijakan dalam tanggung jawab sosial di bidang ketenagakerjaan yang dijalankan dengan mematuhi peraturan perundang-udangan yang berlaku terkait bidang ketenagakerjaan. Dari sisi internal, MNC Bank telah memiliki pedoman manajemen SDM yang menjadi acuan bagi pengembangan SDM di Bank. Sedangkan dari sisi eksternal, acuan kebijakan ketenagakerjaan mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Hal ini untuk memastikan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku dan meminimalkan terjadinya pelanggaran terhadap hak asasi manusia dalam hubungan kerja. Di samping itu, Bank juga melakukan kegiatan operasional sesuai dengan kaidah yang berlaku dengan target zero accident.

  • CSR TERKAIT PENGEMBANGAN SOSIAL KEMASYARAKATAN
Masyarakat merupakan salah satu fokus utama MNC Bank dalam menjalankan kegiatan usaha. Bank menyadari bahwa keberadaan masyarakat yang sejahtera dengan kondisi kesehatan yang terjamin akan mempengaruhi kelangsungan bisnis Bank. Oleh karena itu, Bank menaruh perhatian terhadap masyarakat dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan dengan mengedepankan pada 3 (tiga) bidang, yakni kesehatan, pendidikan dan keagamaan. Dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan CSR Perusahaan pada bidang-bidang tersebut terus digiatkan dan ditingkatkan untuk dapat memberikan kontribusi yang positif, baik terhadap aspek kepedulian sosial Bank, maupun bagi masyarakat sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dan memperluas jangkauan serta manfaat dari kegiatan CSR, MNC Bank semakin memperkuat sinergi dengan unit bisnis MNC Group di bawah bendera MNC Peduli.

  • CSR TERKAIT PRODUK DAN NASABAH
Sebagai salah satu stakeholder yang penting bagi MNC Bank, nasabah menjadi penentu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di bisnis perbankan. Oleh karena itu, penting bagi MNC Bank untuk memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, mulai dari penyediaan produk, informasi, penanganan keluhan nasabah, hingga perlindungan nasabah.
Lahirnya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen memberikan kepastian kepada konsumen terhadap mutu, jumlah, dan keamanan barang dan/atau jasa yang diperolehnya di pasar sehingga konsumen merasa nyaman dan aman dalam memakai suatu barang atau jasa yang diperolehnya. MNC Bank senantiasa mengutamakan keamanan, kenyamanan dan kepuasan konsumen dengan memberikan layanan terbaik.
Bank tidak hanya menjual produk perbankan yang aman dan bermanfaat bagi masyarakat namun juga memberikan perlindungan maksimal kepada konsumen (product liability). Bentuk komitmen Bank terhadap perlindungan konsumen, mencakup antara lain: Jaminan Perlindungan Simpanan Nasabah dan Layanan Transaksi Perbankan MNC Bank (Call Center).