30 MAY 2017
RUPS MNC Bank Setujui Laporan Keuangan Tahun Buku 2016 dan Setujui Rencana Penambahan Modal Perseroan
  • Share :

 

Jakarta, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) hari ini telah menyetujui dan menerima baik Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2016, termasuk laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris tahun buku 2016.

 

Pada 2016, MNC Bank melaporkan perolehan laba bersih (audited) sebesar Rp9,35 miliar. Dalam periode yang sama, MNC Bank berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp10,33 triliun, dan menyalurkan kredit sebesar Rp7,99 triliun. Sejalan dengan peningkatan modal di tahun 2016 melalui Right Issue, ekuitas MNC Bank meningkat mencapai Rp1,86 triliun. Rasio kecukupan modal MNC Bank berada pada posisi 19,54%.

 

Selama tahun 2016 MNC Bank senantiasa meningkatkan kualitas asetnya melalui penerapan prosedur pengelolaan risiko yang pruden serta proses collection dan credit recovery yang baik. Rasio kredit bermasalah (Gross Non Performing Loan) tercatat sebesar 2,77% masih dibawah batas yang ditentukan oleh regulator sebesar 5%. MNC Bank menargetkan kualitas asetnya akan terus membaik tahun ini.

 

Benny Purnomo, Presiden Direktur MNC Bank mengatakan, sepanjang tahun 2016 MNC Bank telah melakukan berbagai langkah strategis seperti perluasan jaringan dengan meresmikan beberapa kantor cabang baru serta emperkuat kerja sama bisnis dengan melakukan penandatangan kerja sama dengan berbagai pihak yang potensial. Selain itu MNC Bank juga aktif berperan dalam melakukan berbagai program CSR sebagai tanggung jawab perseroan kepada masyarakat dan stakeholder.

 

RUPST kali ini juga menyetujui penetapan penggunaan keuntungan MNC Bank tahun buku 2016, yaitu sebesar Rp9,35 miliar akan diperuntukan untuk memperkuat permodalan dalam rangka membiayai kegiatan usaha MNC Bank dan diputuskan tidak membagikan deviden. Hasil keputusan lainnya pada RUPST adalah menyetujui penunjukan kembali Kantor Akuntan Publik “Satrio Bing Eny & Rekan” (a member firm of Deloitte Touche Tohmatsu Limted) sebagai Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan MNC Bank untuk tahun buku 2017.

 

Selain itu, MNC Bank juga menyetujui rencana penambahan modal perseroan yang diputuskan pada RUPSLB yang diselenggarakan bersamaan. Perseroan menyetujui akan meningkatkan modal perseoran melalui proses Right Issue dengan target mencapai Rp500 Miliar.

 

“Sejalan dengan strategi bisnis bank yang berfokus pada segmen retail dan consumer, kami terus membenahi seluruh infrastruktur jaringan dan mengembangkan diversifikasi produk pada tahun 2017. Target peningkatan penghimpunan dana pihak ketiga diharapkan tumbuh 12% dan penyaluran dana ditargetkan meningkat hingga 15% pada tahun ini,” tambah Benny.

 

Hingga saat ini MNC Bank telah memiliki Kantor Cabang sebanyak 73 Kantor dan 96 ATM yang tergabung dalam 49.000 Jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, MNC Bank juga terus memperluas jaringannya dengan efektif bergabung di jaringan ATM Prima yang memiliki lebih dari 96.000 ATM berlogo PRIMA sehingga nasabah akan semakin mudah dalam melakukan transaksi.

 

MNC Bank terus mengembangkan bisnis melalui inovasi produk berbasis teknologi IT/Digital. Setelah mengembangkan fasilitas mobile banking dan internet banking, beberapa waktu lalu MNC Bank kembali meluncurkan produk berbasis digital lainnya yaitu aplikasi “punyakartu” untuk kartu kredit, “punyacelengan” untuk menghimpun DPK melalui aplikasi berkonsep gamification, serta yang baru saja diluncurkan yaitu “punyarumah” untuk nasabah KPR. “Kami yakin kontinuitas kami dalam melaksanakan agenda transformasi secara menyeluruh akan memberikan dampak positif terhadap pencapaian kinerja MNC Bank baik dari aspek keuangan maupun non-keuangan” tutup Benny Purnomo.