SYARAT & KETENTUAN PUNYA KARTU




A. DEFINISI

  • PunyaKartu adalah layanan Mobile Application untuk aktivitas non-finansial terkait kartu kredit dimana aplikasi harus diunduh terlebih dahulu menggunakan perangkat telepon selular serta teknologi 3G/GPRS/WIFI.
  • Bank adalah PT Bank MNC Internasional Tbk.
  • Teknologi 3G/GPRS/WIFI adalah teknologi pengiriman dan penerimaan paket data yang disediakan penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bidang selular.
  • Nasabah Pengguna adalah Nasabah perorangan pemilik kartu kredit MNC Bank dan melakukan registrasi menggunakan nomor handphone yang terdaftar pada sistem Bank.
  • Verification Code adalah kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS untuk memastikan bahwa aktivitas benar dilakukan oleh nasabah pengguna.
  • PassCode adalah suatu kode rahasia atau karakter yang digunakan untuk otentifikasi saat melakukan login pada aplikasi PunyaKartu, terdiri dari 6 karakter numerik.
  • Notifications adalah pemberitahuan transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah pengguna.
  • Transaction History adalah data transaksi nasabah yang belum masuk billing statement dan penawaran program installment untuk transaksi yang sesuai dengan ketentuan program.
  • Merchant Deals adalah penawaran promo program yang bekerjasama dengan merchant dimana disediakan link/landing page yang langsung terhubung dengan website merchant.
  • Promotions adalah penawaran promo program bekerjasama dengan merchant yang menawarkan potongan harga, voucher atau digital voucher yang bisa langsung di download oleh Nasabah Pengguna.
  • Billing Summary adalah rangkuman billing statement Nasabah Pengguna satu bulan terakhir.
  • Self Service adalah fitur yang berisi beberapa layanan permintaan yang dapat digunakan nasabah pengguna terdiri dari;
    • Request PIN adalah permintaan PIN
    • Supplementary Card adalah permintaan pembuatan kartu tambahan
    • Increase Credit Limit adalah permintaan kenaikan limit kartu kredit
    • Upgrade Card adalah permintaan upgrade kartu kredit
    • Change Address adalah permintaa perubahan alamat pengiriman billing statement atau perubahan alamat rumah dan/atau kantor.
    • Apply Card adalah permintaan pengajuan kartu kredit baru atau untuk pengajuan kartu kedua (second card / add on)


B. PERSYARATAN DAN KETENTUAN

  • PunyaKartu diperuntukkan kepada nasabah perorangan yang sudah memiliki kartu kredit MNC Bank.
  • Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Nasabah untuk dapat memiliki PunyaKartu adalah :
    • Memiliki kartu kredit MNC Bank.
    • Pengguna handphone Android / iPhone dengan nomor GSM maupun CDMA.
    • Mengunduh dan installs aplikasi PunyaKartu sesuai dengan handphone nasabah di Google Play dan Apple Store.
  • Untuk nasabah yang belum memiliki kartu kredit MNC Bank hanya dapat mengakses fitur layanan Apply Card
  • Nasabah Pengguna bertanggung jawab atas setiap permintaan yang dilakukan di aplikasi PunyaKartu melalui handphone nasabah.
  • MNC Bank menerima dan menjalankan setiap permintaan dari nasabah sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan PunyaKartu yang sudah diverifikasi, oleh karena itu permintaan tersebut sah mengikat Nasabah Pengguna dengan sebagaimana mestinya, kecuali Nasabah Pengguna dapat membuktikan sebaliknya.
  • Nasabah Pengguna tidak dapat membatalkan semua permintaan yang diinstruksikan kepada Bank yang telah mendapat konfirmasi “berhasil/dalam proses”, karena dalam waktu yang sama Bank langsung memproses permintaan tersebut.
  • Nasabah Pengguna wajib dan bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan instruksi permintaan. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat apapun yang timbul karena ketidak lengkapan, ketidak jelasan data atau ketidak tepatan instruksi yang dilakukan oleh nasabah.
  • Nasabah Pengguna setuju bahwa catatan, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan instruksi atau data lain sebagai bukti yang sah atas instruksi dari nasabah, demikian juga sarana komunikasi lain yang diterima atau dikirimkan oleh MNC Bank.
  • Nasabah Pengguna setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran atau keaslian bukti instruksi dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau bukti transaksi Bank, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan satu-satunya alat bukti yang sah atas instruksi melalui layanan PunyaKartu, kecuali nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
  • Dengan melakukan akses melalui aplikasi PunyaKartu, Nasabah Pengguna mengakui semua komunikasi dan instruksi dari nasabah yang diterima Bank akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.


C. PASSWORD DAN PIN

  • Nasabah Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua instruksi permintaan yang terjadi berdasarkan penggunaan PassCode yang dimiliki oleh nasabah.
  • Setiap Nasabah Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PassCode PunyaKartu. Segala kesalahan/kelalaian yang diakibatkan dari penyalahgunaan penggunaan PassCode PunyaKartu menjadi tanggung jawab Nasabah Pengguna dan MNC Bank akan dibebaskan dari seluruh tanggung jawab.
  • Nasabah Pengguna wajib mengamankan PassCode dengan cara :
    • Tidak memberitahukan PassCode kepada orang lain.
    • Tidak menuliskan PassCode pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.
    • PassCode harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh orang lain.
    • Mengganti PassCode secara berkala.
    • Tidak menggunakan PassCode yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon dan lain-lain.
  • Nasabah Pengguna wajib untuk segera mengganti PassCode apabila dicurigai PassCode tersebut telah diketahui oleh orang lain. Segala instruksi permintaan berdasarkan penggunaan PassCode merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari nasabah.
  • Apabila Nasabah Pengguna salah memasukkan Passcode sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut, maka secara otomatis aplikasi akan terblokir dan Nasabah Pengguna harus melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan kempali aplikasi PunyaKartu.


D. FORCE MAJEURE

  • Nasabah Pengguna akan membebaskan Bank dari segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari Nasabah Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat menggangu layanan PunyaKartu, web browser atau komputer sistem Bank, atau Internet Service Provider, karena bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguantelekomunikasi, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.


E. LAIN-LAIN

  • Nasabah Pengguna dapat menghubungi Call Center 1500-188 atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan akses layanan PunyaKartu.
  • Bank dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah Pengguna dalam bentuk tertulis dilayar aplikasi PunyaKartu atau berupa email ataupun melalui sarana lainnya.
  • Nasabah Pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku di Bank serta syarat-syarat pembukaan rekening/kartu, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Bank dalam bentuk dan sarana apapun.
  • Layanan aplikasi PunyaKartu akan diberhentikan oleh Bank apabila :
    • Nasabah menutup semua kartu kredit yang dapat diakses melalui layanan aplikasi PunyaKartu
    • Diharuskan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau putusan pengadilan.