Kartu Kredit MNC Bank

Segera gunakan PIN 6 Digit untuk setiap transaksi Kartu Kredit MNC Bank Anda



Sesuai Peraturan Bank Indonesia mengenai Peningkatan Keamanan dalam Penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, mulai tanggal 1 Juli 2020 semua transaksi kartu kredit dari penerbit domestik dan digunakan untuk pembelanjaan di merchant di Indonesia wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number atau Nomor Identifikasi Pribadi) 6 digit sebagai sarana verifikasi dan otentikasi.
PIN 6 digit ini sebagai pengganti tanda tangan yang pada nantinya penggunaan tanda tangan tidak berlaku lagi kecuali untuk transaksi kartu kredit dari penerbit luar negeri atau transaksi kartu kredit di luar negeri yang masih menggunakan tanda tangan sebagai sarana verifikasi dan otentikasi. Penggunaan PIN atau tanda tangan di luar negeri akan tergantung pada kebijakan yang berlaku di negara yang dituju.
Penggunaan PIN lebih aman dari tanda tangan karena PIN hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Oleh karena sifatnya rahasia, PIN tidak dapat diberikan kepada pihak lain.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan Kartu dan PIN Anda:
  • Penggunaan PIN lebih aman dari tanda tangan karena PIN hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Oleh karena sifatnya rahasia, jangan memberitahukan atau memperlihatkan PIN Anda kepada orang lain, termasuk kepada petugas bank.
  • Untuk keamanan, jangan menuliskan PIN pada kartu kredit Anda atau disimpan bersama dengan kartu kredit Anda. MNC Bank tidak pernah memberi kuasa kepada siapapun untuk meminta PIN dan/atau mengambil kartu kredit Anda.
  • Setelah menerima PIN 6 digit Anda, untuk keamanan segera ubah PIN kartu kredit Anda tersebut dengan angka yang mudah diingat melalui IVR (Interactive Voice Recording) dengan menghubungi MNC Bank Call Center di nomor 1500 188 dengan petunjuk sebagai berikut:
    • Pilih layanan kartu kredit, tekan tombol/keypad 2.
    • Pilih perubahan PIN, tekan tombol/keypad 5.
    • Masukkan 16 angka nomor kartu kredit.
    • Masukkan 6 angka nomor PIN kartu kredit.
    • Masukkan 6 angka nomor PIN baru kartu kredit pilihan Anda.
    • Masukkan kembali 6 angka nomor PIN baru pilihan Anda.
    • PIN 6 digit baru Anda dapat digunakan.
Bila Anda lupa atau belum menerima PIN 6 digit, hubungi MNC Bank Call Center di nomor 1500 188 , kami akan mengirimkan PIN Anda.

Tanya Jawab

Apa yang dimaksud 6 digit PIN?
  • Sejalan dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP tanggal 31 Desember 2014 perihal Perubahan Kedua atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, semua transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia dengan menggunakan kartu kredit dilakukan dengan menggunakan PIN 6 digit atau tanda tangan sebagai sarana verifikasi dan autentikasi sampai dengan tanggal 30 Juni 2020.
    Setelah 30 Juni 2020, demi keamanan bertransaksi, semua transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia dengan menggunakan kartu kredit wajib menggunakan PIN 6 digit sebagai sarana verifikasi dan otentikasi.
Apa itu mesin EDC?
  • Mesin EDC atau Electronic Data Capture adalah sebuah alat elektronik yang digunakan sebagai sarana pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan/atau kartu debet. Mesin EDC banyak kita jumpai di loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh merchant-merchant seperti supermarket, department store, hotel, mall/toko, dan merchant lainnya.
Apa kegunaan PIN 6- digit dalam transaksi?
  • PIN 6 digit pada kartu kredit merupakan pengganti tanda tangan yang pada 1 Juli 2020 nanti penggunaan tanda tangan tidak berlaku lagi kecuali untuk transaksi kartu kredit dari penerbit luar negeri atau transaksi kartu kredit di luar negeri yang masih menggunakan tanda tangan sebagai sarana verifikasi dan otentikasi. Penggunaan PIN atau tanda tangan di luar negeri akan tergantung pada kebijakan yang berlaku di negara yang dituju.
    Penggunaan PIN pada Kartu Kredit nantinya akan lebih aman dari tanda tangan karena PIN hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Oleh karena sifatnya rahasia, PIN tidak dapat diberikan kepada pihak lain, termasuk pihak Bank dan keluarga.
Kapan saya harus menggunakan PIN 6 digit?
  • PIN 6 Digit wajib mulai digunakan untuk setiap transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia dengan menggunakan kartu kredit mulai tanggal 1 Juli 2020. Dalam masa transisi hingga 30 Juni 2020, setiap transaksi Kartu Kredit MNC Bank dapat menggunakan PIN 6 Digit atau tanda tangan. Namun, biasakan diri Anda menggunakan PIN 6 Digit untuk setiap transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia.
Bagaimana dengan transaksi di luar negeri, apakah saya juga harus menggunakan PIN?
  • PIN akan tetap digunakan untuk penarikan tunai di semua ATM (dalam / luar negeri) sedangkan untuk transaksi di luar negeri, masih bisa menggunakan tanda tangan, kecuali jika diminta untuk memasukkan PIN, tergantung kebijakan yang berlaku pada negara yang dituju.
Saya pemegang Kartu Tambahan, bagaimana saya mendapatkan PIN kartu saya?
  • Pemegang Kartu Tambahan hanya dapat memperoleh PIN melalui Pemegang Kartu Utama. Pemegang Kartu Utama dapat menghubungi MNC Bank Call Center di nomor telepon 1500 188 untuk meminta PIN Kartu Tambahan.
Bagaimana cara bertransaksi menggunakan kartu kredit dengan teknologi PIN online 6 digit?
  • Hanya dengan memasukkan PIN 6 digit untuk verifikasi transaksi seperti yang dilakukan pada saat menggunakan kartu kredit. Namun saat ini dalam masa transisi hingga Juni 2020, Pemegang kartu kredit dapat memilih untuk menggunakan PIN 6 digit atau tanda tangan pada saat melakukan transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia.