26 JULY 2018
Cetak Laba Rp 98.7 Miliar di Kuartal II 2018, MNC Bank Lanjutkan Kinerja Positif
  • Share :

 

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk berhasil meningkatkan kinerja positif dari triwulan I 2018. Laba bersih bank pada triwulan II atau 6 bulan pertama 2018 sebesar Rp 98,7 miliar atau meningkat 292% dibanding periode yang sama pada 2017.
EVP Funding & Lending Business Head MNC Bank, Ageng Purwanto mengatakan Pertumbuhan laba ini didorong oleh peningkatan pesat dari laba operasional bank yang mencapai Rp 132 miliar atau meningkat 259% dari periode yang sama ditahun sebelumnya. Dari seluruh Komponen operasional, pemulihan CKPN sebesar Rp 62,9 miliar dan pendapatan operasional lainnya sebesar Rp 108,8 miliar menjadi kontributor utama dari pertumbuhan laba tersebut, diikuti pendapatan provisi dan komisi sebesar Rp 52,3 miliar serta penurunan biaya CKPN sebesar 96,15%. Penurunan biaya CKPN merupakan cerminan progres bank dalam meningkatkan kualitas kredit dan penerapan prinsip kehati-hatian dalam seluruh aspek bisnis.
“Hasil positif ini merupakan bagian dari upaya bank dalam meningkatkan kualitas kredit, menjaga pendapatan bisnis utama tetap baik, serta pemulihan aset bermasalah sesuai dengan rencana strategis Bank”,Ungkap Ageng dalam keterangan pers, Kamis (26/7) di Jakarta.
Dari struktur pendanaan, Bank berhasil meningkatkan dana murah sebesar Rp 1,8 triliun dengan rasio dana murah terhadap total DPK tercatat sebesar 23,04%, nilai tersebut meningkat sebesar 5,9% dari periode yang sama tahun lalu.
Adapun dari sisi rasio keuangan, keberhasilan Bank dalam menjaga kualitas kredit tercermin dari menurunnya rasio NPL Nett menjadi 2,88% pada TriwulanII/2018 dari 3,87% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu Bank berhasil melakukan efisiensi terhadap biaya operasional terlihat dari menurunnya rasio BOPO dari 113,67% per 30 Juni 2017 menjadi 80,65% per 30 Juni 2018. Sejalan dengan peningkatan rasio dana murah berdampak terhadap meningkatnya rasio NIM menjadi 3,7% dari 3,38% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
“kembalinya kinerja Bank ke arah yang positif adalah berkat pondasi kokoh yang telah dibangun dan kerja keras seluruh tim, selain penguatan sinergi dengan seluruh unit bisnis MNC Group. Hal tersebut membuat kami lebih leluasa menjalankan fase kedua dari transformasi yaitu focusing the business. Hal tersebut membuat MNC Bank semakin mantap untuk meningkatkan penetrasi pasar ke segmen konsumer dan retail yang didukung oleh segmen komersial dan korporasi, sehingga bisnis dan rentabilitas MNC Bank terus meningkat sepanjang 2018 ini.” Pungkas Ageng Purwanto.