19 OCTOBER 2017
MNC Bank Galakkan Bulan Inklusi Keuangan 2017
  • Share :



DEPOK (19/10) PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank menularkan motivasi menabungkan uang belanja kepada anak anak siswa SD. Hal ini disampaikan saat perseroan menggelar edukasi dan literasi perbankan di Sekolah Islam Al Fauzien, Depok, Jawa Barat.

Corporate Communication Division Head MNC Bank Dheni Kamavina mengatakan, pihaknya ingin memberikan motivasi kepada siswa SD untuk menabung di bank. Salah satu nilai yang ditanamkan yakni cara menghargai uang dengan menabung.

Menabung uang dapat membuat anak anak lebih menghargai benda yang dibeli dibanding kebiasaan meminta barang langsung kepada orangtua. "Kalau anak anak menabung akan membuat mereka lebih menghargai barang yang dibelinya. Ini salah satu pentingnya menabung di bank yang kami tularkan untuk anak anak," ujar Dheni di Pancoranmas, Depok.

Kegiatan tersebut dilangsungkan untuk memperingati Bulan Inklusi Keuangan yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terlihat ratusan murid tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, mereka menyimak dan berinteraksi bersama menjawab berbagai pertanyaan.

Dheni menerangkan banyak hal, mulai dari pengertian bank, produk yang ditawarkan, keuntungan menabung di bank dan fungsi perbankan lainnya. Tidak sedikit jawaban polos mereka membuat riuh seisi aula Sekolah Islam Al Fauzien.

Dia memberikan penjelasan kepada seluruh murid bahwa menabung di bank jauh lebih aman karena semua aktivitasnya diatur oleh Undang Undang serta diawasi oleh OJK. "Menabung di bank jauh lebih aman. Semua yang ditabung oleh nasabah tercatat dengan baik. Jadi jangan takut kalau uang kita bakal hilang. Bank dilindungi Undang Undang dan diawasi oleh lembaga keuangan OJK, Bank harus patuh sama peraturan OJK," jelas Dheni.

Rencananya, selain di Depok, kegiatan serupa akan dilangsungkan di tiga titik lainnya, seperti Bekasi, Tarakan dan Universitas Atmajaya. "Untuk yang Tarakan konsepnya fun karena murid-murid yang akan datang ke MNC Bank melihat aktivitas perbankan dari dekat, sehingga memberikan pengalaman yang lebih," terangnya.

Dheni berharap dalam kegiatan edukasi dan literasi perbankan ini, bisa menggairahkan minat anak usia dini untuk gemar menabung. "Kami mengedukasi agar semakin banyak anak-anak yang mengenal perbankan. Setelah itu, mereka bisa mencintai produk dan terakhir menumbuhkan jumlah nasabah MNC Bank," ujarnya.

Para murid memberikan jawaban spontan yang menandakan mereka cukup mengerti tentang perbankan. Murid kelas 4 bisa mengatakan tujuan menabung demi keamanan karena uangnya tidak bisa dicuri orang, serta agar dompetnya tidak kepenuhan uang tunai. Sedangkan security atau satpam adalah petugas yang paling pertama teringat oleh mereka apabila ke bank.

Kepala sekolah SD Al Fauzien Wiwik Supriyaningsih mengatakan, sangat berterimakasih untuk kunjungan MNC Bank yang memberikan penjelasan. Menurutnya, kebiasaan menabung anak anak saat ini harus dibiasakan dari rumah. 

Kendala mereka menabung khususnya karena suka menunda atau menghindari karena masih ingin membeli barang. "Masih suka menunda menabung karena selalu ingin membeli barang. Semoga dengan penjelasan ini, jadi bertambah semangat mereka untuk menabung," ujar Wiwik.

MNC Bank telah memiliki aplikasi punya celengan yang memiliki keunikan karena bukan sekadar untuk menabung, tapi membantu orang tua untuk mendidik anak menabung. Di mana menabung adalah penting bagi anak dan peran orang tua harus mengetahui cara dan mengetahui alat apa saja untuk mendidik anak-anaknya menabung.